Iklan Mutiara

Awas Berteman "BOT" di Facebook

Posted by AutoBlog Den Eko Jumat, 18 November 2011 0 komentar
Awas Berteman "BOT" di Facebook

Erat kaitannya dengan banyaknya permintaan pertemanan facebook dari orang yang tidak dikenal, para peneliti dari mutakhir melakukan penelitian terhadap tingkah laku para pemilik akun di Facebook. Hasil dari penelitian yang mereka lakukan adalah dimungkinkan para pemilik akun facebook ditipu dengan sebuah program Bot.
Program ini dapat bertingkah laku seperti layaknya orang yang sedang online bernama ‘socialbots’. Dengan menggunakan program ini, para peneliti dari University of British Columbia membuat akun-akun, setidaknya terdapat 102 akun, yaitu 49 laki-laki dan 53 perempuan. Hanya dengan waktu delapan minggu mereka mengoperasikan akun zombi tersebut, hasilnya sangat mencengangkan.

Akun zombi yang ada secara random mengirimkan lebih dari 8.500 permintaan teman. Dari pengiriman ini maka lebih dari 3.000 pengguna facebook menerima permintaan pertemanan. Artinya, akun zombi tersebut secara tidak langsung dapat memperoleh informasi pribadi dari 3.000 akun Facebook. Selanjutnya, para pemilik 3.000 akun facebook tersebut total memiliki jaringan lebih dari 1 juta orang teman. Sehingga dari sini software bot ini akan bisa mengumpulkan data pribadi dari 1 juta.

Berawal dari adanya penelitian inilah sudah semestinya para pengguna facebook berhati-hati dalam menerima permintaan pertemanan. Hanya dengan meng-kilk tombol ‘ok’, jika tidak selektif, akan bisa menjadi jalan untuk disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi saat mengetahui bahaya bot. Bot dapat digunakan untuk melakukan manipulasi opini publik dalam skala besar, dan menyebarkan sebuah propaganda.

Nah, hanya dengan kehati-hatian setiap pengguna sajalah kejahatan Bot dalam facebook bisa menyelamatkan para penggunanya. Bot memang tidak selamanya memiliki dampak negatif. juga bot yang memiliki dampak positif. Semua tergantung dari para pemasangnya. Jika tujuan mereka untuk kebaikan, dipastikan nantinya akan memiliki dampak positif. Jika yang memasangnya memiliki niatan jahat, dipastikan akan berdampak negatif. Atas realita semacam ini mengharuskan kepada pengguna facebook untuk berhati-hati. Wallahu alam.

Sumber : Kedaulatan Rakyat, Tanggal 14/11/2011 (Anton Prasetyo, pengguna Facebook)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pendaftaran Reseller Hajar Jahanam & Susu Kambing