Iklan Mutiara

Penggunaan E-Money Meningkat

Posted by AutoBlog Den Eko Selasa, 15 November 2011 0 komentar
Penggunaan E-Money Meningkat

JAKARTA (KR) - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengataka, penggunaan uang elektronik (e-money) terutama untuk sektor transportasi semakin meningkat. Jika pada 2007 lalu di Indonesia penggunaan e-money baru sekitar 165.193 dengan jumlah transaksi Rp 19,15 juta/hari dan volume harian sekitar 2.000, namun per September 2011 pengguna e-money sudah mencapai 11,7 juta dengan transaksi mencapai Rp 2,5 miliar/ hari dan volume transaksi102 ribu.


"Maraknya penggunaan uang elektronik atau e-money terutama di sektor transportasi dapat dilihat dari jumlah pengguna yang terus meningkat," kata Darmin Nasution di sela-sela MoU BI, Kemenhub dan Kemenkominfo mengenai uang elektronik di sektor transportasi di Jakarta kemarin.

Dijelaskan, penggunaan uang elektronik khususnya di sektor transportasi memiliki potensi yang signifikan, karena uang elektronik ini ditujukan untuk pembayaran transaksi bernilai kecil, digunakan banyak orang dan berulang-ulang.

Namun, tambah Darmin, layanan e-money masih memiliki kendala dalam pelaksanaan antaroperator. Terlebih e-money banyak digunakan di sektor transportasi oleh berbagai operator yang berbeda namun belum terjadi saling interkoneksi. Darmin juga berharap e-money merupakan alat pembayaran kartu elektronik yang memiliki karakteristik berbeda dibanding jenis kartu lainnya. Misalnya hanya ada satu kartu uang elektronik (e-money) yang digunakan untuk semua keperluan transaksi ritel, seperti bayar tol, parkir dan busway.

"Pengembangan uang elektronik ini kurang menguntungkan bagi pengguna, merchant dan penerbit. Bagi masyarakat kendalanya adalah mereka harus memiliki banyak kartu untuk transaksi ritel. Mestinya hanya satu saja," tegasnya.

Sumber : Kedaulatan Rakyat, , 16 November 2011, Hal. 5

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pendaftaran Reseller Hajar Jahanam & Susu Kambing